5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi saat Musim Hujan

Kamis, 01 Agustus 2024 - 00:05 WIB
loading...
5 Makanan yang Tidak...
Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat musim hujan karena berbagai alasan. Selama musim ini penting untuk memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Foto/Shutterstock Lensa Windra
A A A
JAKARTA - Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat musim hujan karena berbagai alasan. Selama musim ini penting untuk memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Sebab, mengonsumsi makanan tertentu selama musim hujan tanpa disadari dapat menyebabkan penyakit pencernaan akibat kontaminasi. Karena itu makanan ini sebaiknya dihindari karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Memilih makanan yang tepat selama musim hujan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Dengan menghindari makanan-makanan yang berisiko, Anda dapat menikmati musim hujan dengan tubuh yang sehat dan bugar.

Berikut daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat musim hujan dilansir dari Times of India, Kamis (1/8/2024).

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi saat Musim Hujan





1. Makanan Jalanan (Street Food)


Saat musim hujan, risiko kontaminasi pada makanan jalanan meningkat karena lingkungan yang lembap dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan mikroorganisme lainnya. Konsumsi makanan jalanan yang tidak higienis bisa menyebabkan penyakit seperti diare, keracunan makanan, dan infeksi saluran cerna.

2. Sayuran Berdaun Hijau Mentah


Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan selada sering kali mengandung residu pestisida. Pencucian yang tidak sempurna dapat membuat pestisida tetap menempel dan masuk ke tubuh. Sayuran mentah lebih rentan terhadap kontaminasi bakteri seperti E. coli dan Salmonella, terutama jika tidak dicuci dengan benar.

3. Makanan Laut Mentah


Makanan laut mentah seperti sushi atau sashimi berisiko tinggi terkontaminasi bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Makanan laut mentah juga dapat mengandung parasit yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Makanan Pedas


Makanan pedas dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare, dan mulas. Selama musim hujan, sistem pencernaan lebih sensitif dan makanan pedas dapat memperburuk kondisi ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)